Rabu, 23 Mei 2012

Pitutur Jawa (Indonesia)

Sing Sapa Mikani Anane Pangeran,Kalebu Urip Kang Sempurna
(Siapa Yang Mengetahui Adanya Tuhan,Termasuk Hidup Dalam Kesempurnaan)


Bener Kang Asale Saka Pangeran Iku Lamun Ora Darbe Sipat Angkara Murka Lan Seneng Gawe Sangsaraning Liyan
(Bener Yang Menurut Tuhan Itu Bila Tidak Memiliki Sifat Angkara Murka Dan Gemar Membuat Kesengsaraan Orang Lain)


Owah Gingsiring Kahanan Iku Saka Karsaning Pangeran Kang Murbeng Jagad
(Berubahnya Keadaan Itu Atas Kehendak Tuhan Yang Mencipta Alam)


Urip Iku Saka Pangeran,Bali Marang Pangeran.
(Kehidupan Berasal Dari Tuhan Dan Akan Kembali Kepada Tuhan)




Mangan Ora Mangan Waton Kumpul.
(Menunjukkan Yang Penting Itu Kumpul,Bukan Sekadar Kumpul,Tetapi Kerukunannya. Demi Kerukunan Kita Harus Melakukan Apa Pun. Kalau Perlu Sampai Tidak Makan. Jadi, Bukannya Pengertian Makannya Yang Dikedepankan)


Tan Ngendhak Gunaning Janma
(Tidak Merendahkan Kepandaian Manusia)


Kridhaning Ati Ora Bisa Mbedhah Kuthaning Pasthi
(Gejolak Jiwa Tidak Bisa Merubah Kepastian)


Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan
(Jangan Gampang Sakit Hati Manakala Musibah Menimpa Diri; Jangan Sedih Manakala kehilangan Sesuatu)


Ngluruk Tanpa Bala,Menang Tanpa Ngasorake,Sekti Tanpa Aji-Aji,Sugih Tanpa Bandha 
(Berjuang Tanpa Perlu Membawa Massa; Menang Tanpa Merendahkan Atau Mempermalukan; Berwibawa Tanpa Mengandalkan Kekuasaan,Kekuatan; Kekayaan Atau keturunan; Kaya Tanpa Didasari Kebendaan)


Budi Dayane Manungsa Ora Bisa Ngungkuli Garise Kang Kuwasa
(Sekuat Usaha Manusia Tidak Akan Bisa Mengatasi Takdir Yang Maha Kuasa)


Ojo Milik Barang Kang Melok, Ojo Mangro Mundak Kendo
(Jangan Tergiur Oleh Hal-Hal Yang Tampak Mewah,Cantik,Indah; Jangan Berfikir Mendua Agar Tidak Kendor Niat Dan Kendor Semangat)


“SURODIRO JOYONINGRAT, LEBUR DENING PANGASTUTI”
Semua Keberanian,Kekuatan,Kejayaan Dan Kemewahan Yang Ada Di Dalam Diri Manusia Akan Dikalahkan Oleh Kebijaksanaan,Kasih Sayang Dan Kebaikan Yang Ada Di Sisi Lain Dari Manusia Itu Sendiri


Sedulur Papat & Artine


1. Getih Putih Artine : Welas Asih
2. Bungkus Artine : Kang Nggawe Kekuatan
3. Ari-Ari Artine : Kang Ndjogo Sukmo
4. Getih Abang Artine : Kang Nglawan Bebayan


Nafas Lungguh Mapan Ing ( Eling )


1. Wadug : Netepi Eneng- Ening Mujudake Sifat Dermo Sabar.
2. Ginjel : Netepi Eneng-Ening Mujudake Sifat Samudono Sembarang Gawe Biso.
3. Paru paru : Netepi Eneng-Ening Mujudake Sifat Mengku Urip Ngayomi.
4. Jantung : Netepi Eneng-Ening Mujudake Sifat Wiseso,Santoso Uripe.
5. Ati : Netepi Eneng-Ening Mujudake Sifat Kuasa,Sampurno Noto Uripe


Nafas Ono Ing (Tanpo Eling)


1. Wadug : Uripe Bumi,Nguripi Aluamah Anane Serakah.
2. Ginjel : Uripe Banyu,Nguripi Mutmainah Anane Iri Drengki.
3. Paru paru : Uripe Angin,Nguripi Supiyah Anane Sombong Jumawa.
4. Jantung : Uripe Geni Nguripi Amarah Anane Seneng Murko.
5. Ati : Uripe Watu,Nguripi Kang Ngaku Jati Diri Anane Pengkuh Kaku


M a t i


Papane Ikhlas,Ketemu Lego-Legowo.


Sampurnane Ono 5 Perkoro :


1. Sing Mati Poncodriyo.
2. Kang Teko Pesti.
3. Kang Lunggo Sukmo.
4. Kang Bali Jasad/Badan
5. Kang Ditinggal Asmo.



Kang Biso Nunggalake Lan Ngerteni Wektu Badan Kasar Nunggal Marang Badan Alus Kudu Biso Netepi Anane Wahyu Trias Wiji Yoiku :


Tekun :Anane Noto Nafase
Temen :Anane Tingkah Lakune
Teliti :Marang Tingkah Laku Lan Obah Musike Kahanan
Awas :Marang Anane Gudo Lan Coba (Pengaruh Gangguan)
Sabar :Marang Sapadane Urip


Maknane Syahadat,Yen Sampeyan Rasakake Ono Sajerone Netepi Wajibe Urip Kang Kudu Dilakoni Kerono Allah SWT, Ono Sajerone Urip Ing Alam Dunyo,Yen Bisa Kabeberake Iku Ono 6 Yaiku :


1. Urip Iku Umpamane100% kewajiban Soko Allah SWT
2. Syahadat Amung Ono 95% Soko Urip
3. Sholat Amung Ono 5% Soko Urip
4. Poso Amung Ono 1/4 Soko Sholat
5. Zakat Amung Ono 1/3 Soko Poso
6. Haji Amung Ono 1/2 Soko Zakat


Umat Madep Marang Pangeran Netepi Agamane Soko Tindak Laku Saben Dinane Ono 3 Perkoro :


1. Ibadah :Yo Tingkahlaku Dadi Dasar Sembahyang
2. Sembahyang :Yo Anane Ucapan Dadi Dasar Sholat
3. Sholat :Yo Anane Angen-Angen,Jejege Sak Anane Sembahyang Lan Ibadah


Ing samubarang gawe aja sok wani mesthekake, awit akeh lelakon kang akeh banget sambekalane sing ora bisa dinuga tumibane. Jer kaya unine pepenget, “menawa manungsa iku pancen wajib ihtiyar, nanging pepesthene dumunung ing astane Pangeran Kang Maha Wikan”. Mula ora samesthine yen manungsa iku nyumurupi bab-bab sing durung kelakon. Saupama nyumurupana, prayoga aja diblakakake wong liya, awit temahane mung bakal murihake bilahi.
Terjemahan bebas :
Di segala hal jangan terlalu bisa (sok tau) untuk memastikan, sebab banyak kejadian yang sangat buaaanyak sekali penyabab faktor kejadiannya yang bisa menyebabkan hal yang tak terduga efek samping dari hal tersebut. Seperti sebuah kata kata bijak yang pernah ada,”(bahwa) yang disebut manusia itu memang kewajibannya untuk selalu berusaha, akan tetapi kepastian adalah (tetap) selalu di tangan Tuhan yang Maha Tau”. Jadi, tidak semestinya kalau manusia itu mengetahui perihal perihal yang belum terjadi, kalaupun dapat (kesempatan) untuk mengetahuinya sebaiknya tidak diberitahukan kepada setiap orang secara jelas dan gamblang, sebab ketika digunakan untuk keperluan yang tidak baik akan mencelakakan yang memberi tahukan dan yang diberitahu (yang mengunakan untuk keperluan tidak baik).




Pambudidayanira manembah marang Pangeran iku prayogane aja sira anggo sarana ngalab tumuruning peparinge, nanging mligiya nindakake panembah mung saka niyat manembah. Awit wong kang nyenyadhong sihing Pangeran sarana laku panembah kathik banjur nyata kaleksanan panyuwune, ing adat wong mau banjur dadi kethul kawaspadane marang kaluhuran lan keagungane Kang Murbeng Dumadi. Aran isih begja yen ora banjur dadi wong jubriya seneng nyepelekake marang sesamaning dumadi.
Terjemahan bebas :


Melakukan segala hal yang bersifat mendekatkan diri kepada Sang Pencipta itu sebaiknya jangan “hanya” dipakai untuk supaya keinginan mu terpenuhi/tercapai, tetapi (sebaiknya) lakukan lah hal tersebut (mendekatkan diri kepada Sang Pencipta) hanya karena anda ingin merasa dekat dengan Sang Pencipta. Sebab biasanya orang yang “hanya” meminta keinginan-nya saja kepada Sang Pencipta dengan “jalan” meminta terus menerus (hanya dikarenakan keuntungan pribadi), kemudian terkabul/terlaksana keinginan-nya, biasanya orang tersebut menjadi meremehkan (menganggap gampang/menggampangkan) segala hal tentang ketentuan dan kebikjaksana-an Sang Pencipta. (bisa) Disebut masih (ber)untung (sebab cuman menganggap segala hal mudah) jika tidak orang tersebut bukan cuman menganggap segala hal mudah akan tetapi malah terjerumus pada sikap sombong senang meremehkan kepada segala hal ciptaan dari Sang Pencipta.




Ngombe lan memangan yen tanpa taker lan tanpa pilih-pilih iku pancen bisa nekakake bilahi. Mula nyandhet ubaling kepinginan ngombe lan memangan kang kaya mangkono mau wis ateges sawijining pamarsudi nyegah karusakaning jiwa lan raga. Wondene sranane kang prayoga yaiku pasa sing mengku ancas pupur sadurunge benjut, nyingkiri sadurunge kesandhung bilahi.
Terjemahan bebas :


Mempercayai sebuah informasi jikalau tidak ditimbang dan diteliti pasti akan bisa menyebabkan bencana, Oleh sebab itu menahan diri untuk tidak gampang terpikat pada sebuah informasi yang tidak jelas kebenarannya, sudah termasuk cara dalam mencegah kesalahan kita dalam berpikir dan bertindak. Oleh sebab itu gunakan lah cara yang baik untuk mendapatkan sebuah informasi yang benar, caranya menahan diri untuk tidak gampang mempercayai sebuah informasi (ketika kita sendiri tidak bisa/mampu membuktikan nya), memperbanyak informasi sebelum kita mempercayai informasi tersebut, tidak mempercayai sebuah informasi ketika kita mempertimbangkan dengan masak yang disertai alasan alasan yang jelas bahwa informasi tersebut akan menjerumuskan kita kepada sebuah hal yang salah.


Kang kinaran janma kang wis kadunungan cipta kang wening iku, yaiku sapa kang wis temen-temen mantep pangidhepe marang Gusti Kang Murbeng Dumadi. Wong kang kaya mangkono mau samangsa nindakake pakarti apa ta apa tansah linambaran ati kang sarwa tepa tulus, kabeh-kabeh amung akarana Allah. Ora cilik ati, gedhene ngrasa owel ing kalane wohing panggawene mitunani awake dhewe. Nanging bisa gawe raharjane sesamaning dumadi. Kosokbaline wong kang nindakake pangibadah nanging isih ndarbeni pepinginan supaya diweruhana lan digawokana dening liyan, iku pratandha yen pangidhep lan pangibadahe durung akarana Allah.
Terjemahan bebas :


Yang disebut manusia yang sudah mendapatkan “kedewasaan yang sejati”, yaitu adalah manusia yang benar benar (secara jasmani dan rohani) menghadap pada jalan Ilahi (jalan kebenaran,jalan kebahagian Abadi &jalan yang sudah di kodratkan oleh Tuhan yang Menciptakan segala hal). Manusia yang seperti itu adalah adalah manusia yang mengerjakan segala dengan hati tulus, kesemuanya (pekerjaan dan perilaku manusia tersebut) hanya karena kecintaan nya kepada Sang Pencipta (Allah SWT). Tidak pernah berkecil hati, kalau pun merasa kecewa, hal itu disebab kan karena perilaku dirinya sendiri yang dia anggap mengecewakan. Tetapi sebenarnya hasil perbuatannya bisa membuat “perbaikan” yang bisa dirasakan oleh semua hal/bentuk sesama ciptaan Sang Maha Pencipta. Kebalikannya adalah manusia yang menjalakan Dengan memamerkan segala perbuatan – perbuatan baiknya disebabkan karena ingin dipuji/dihargai oleh orang lain, itu adalah tanda bahwa manusia tersebut melakukan segala hal bukan kerena kecintaan nya kepada Sang Maha Pemberi.


Nadyan wesi iku kanyatane pancen atos, ewa semono yen wis ketrajang ing taiyeng ya bakal entek gripis. Semono uga tumraping wong kang kataman rasa meri, atine mbaka sethithik uga bakal gripis, awit rumangsa yen awake tansah apes, saengga kelangan greget lan lumuh makarya. Wusanane pepes atine kentekan pengarep-arep.
Terjemahan bebas :


Walaupun besi itu pada kenyataan nya memang keras, akan tetapi jikalau sudah “terkena” karat ya bakalan menipis habis. Begitu juga yang berlaku pada manusia yang terkena persaan iri hati, hatinya sedikit demi sedikit bakalan menipis, selalu merasa bahwa dia selalu tidak mendapatkan keberuntungan, sehingga kehilangan semangat dan daya juangnya untuk bekerja dan berkarya, hasilnya akhirnya hatinya menjadi kecil dan kehabisan harapan.


Aja sok ngendel-endelake samubarang kaluwihanmu, apamaneh mamerake kasugihan lan kapinteranmu. Yen anggonmu ngongasake dhiri mau mung winates ing lathi tanpa bukti, dhonge pakarti kaya mangkono iku ngengon awakmu dadi ora aji. Luwih prayoga turuten pralampitane tanduran pari. Pari kang mentes mesthi tumelung, kang ndhongak mracihnani yen kothong tanpa isi.
Terjemahan bebas :


Janganlah selalu menonjol nonjolkan segala macam kelebihan anda, apalagi selalu memamerkan kekayaan dan kepandaian anda, hasilnya perbuatan seperti itu hanya membuat dirimu menjadi cibiran orang lain dan dianggap ga penting lebih baik ikutilah perilaku dari tumbuhan padi, padi yang berisi pasti merunduk (maksudnya munkin adalah mengedepankan sopan dan santun), padi yang belum merunduk menandakan bahwa padi tersebut kosong tanpa isi pada bulir padinya (kesombongan sebenarnya adalah keinginan untuk selalu diakui orang lain tanpa adanya penghargaan kepada orang lain).


Saiba becike samangsa wong kang lagi kasinungan kabegjan lan nampa kabungahan iku tansah eling gedhe ngucap syukur marang Kang Peparing. Awit elinga yen tumindak kaya mangkono mau kejaba bisa ngilangi watak jubriya uga mletikake rasa rumangsa yen wong dilairake ing donya iku sejatine mung dadi lelantaran melu urun-urun tetulung marang sapadha-padhane titah, mbengkas kasangsaran, munggahe ngreksa hayuning jagad.
Terjemahan bebas :


Sebaiknya selalu dilakukan ketika orang yang lagi mendapatkan “keberuntungan” dan mendapat “kebahagiaan” itu selalu tetap ingat dan selalu mengucapkan rasa syukur kepada yang Maha Mamberi. Selalu ingatlah (kepada kesabaran / “kebijaksanaan”/ “jalan utama menuju surga”) jika selalu melakukan berbuat seperti itu, selain bisa untuk menghilankan watak sombong juga bisa menerangkan pada diri kita sebuah rasa perasaan ikut merasakan perasaan bahwa manusia itu di lahirkan di alam dunia fana ini sebenarnya cuman menjadi “jalan” atau sebab untuk selalu menolong dan membantu kepada semua hal yang menjadi ciptaan Sang Semesta. (selalu) memberatas segala kesusahan/kesengsaraan jikalau diteruskan menjadi besar (akibat dilakukan terus menerus) adalah merawat dan memelihara kedamaian Dunia.




Sabar iku ingaran mustikaning laku, jumbuh karo unine bebasan: “Sabar iku kuncining swarga”, ateges marganing kamulyan. Sabar, lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandadaraning ngaurip, nanging ora ateges gampang pepes kentekan pengarep-arep. Suwalike malah kebak pengarep-arep lan kuwawa nampani apa bae kang gumelar ing salumahe jagad iki.
Terjemahan bebas :


Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yang sangat indah dalam sebuah kehidupan, sama seperti sebuah perkataan yang umum diucapkan : “(berlaku) sabar itu adalah “jalan utama” untuk mendapatkan “jalan surga”, yang dimaksud disini adalah ketentraman dan kedamaian (dalam menjalani kehidupan)”. Sabar, adalah “seperti” kemampuan untuk membawa segala macam percobaan dalam menjalani kehidupan yang akan bisa untuk mendewasakan diri. (akan tetapi kesabaran itu) juga bukan berarti tidak mempunyai pengaharapan di kerenakan “tidak berdaya lagi” untuk berjuang demi sebuah harapan, Lawan katanya (adalah) malah terlalu besar dalam sebuah harapan dan (berharap) seolah olah mampu untuk mendapatakan apa saja yang ada di dunia ini (tanpa disertai rasa mawas diri dan kesabaran   


Sajatine Ingsun Dat kang amurba amisesa,
kang kuwasa anitahake sawiji-wiji,

Dadi padha sanalika,
Sampurna saka ing kodrating-Sun,
Ing kono wus kanyatahan Pratandhaning apngaling-Sun,
Minangka bubukaning iradating-Sun,
Kang dhingin Ingsun anitahake kayu,
Aran sajaratul yakin,
Tumuwuh ing sajroning ngalam
Ngadam-makdum ajali abadi,
Nuli cahya aran Nur Muhammad,
Nuli kaca aran miratul kayai,
Nuli nyawa aran roh ilapi,
Nuli dammar aran kandil,
Nuli sosotya aran darrah,
Nuli dhinding jalal aran kijab,
Kang minangka warananing kalarating-Sun


Terjemahan

(Sesungguhnya Aku Dzat yang Maha Pencipta dan Maha Kuasa,
yang berkuasa menciptakan sesuatu, terjadi dalam seketika,
sempurna lantaran kodratku, sebagai pertanda perbuatan-Ku,
merupakan kenyataan kehendak-Ku, Mula-mula Aku menciptakan
hayyu bernama sajaratul yakin, tumbuh dalam alam makdum yang azali abadi, setelah itu cahaya bernama Nur Muhammad, kemudian kaca bernama miratul kayai, selanjutnya nyawa bernama roh idlafi, lampu bernama kandil, lalu permata bernama dharrah, kemudian dinding jalal bernama hijab, yang menjadi penutup kehadirat-Ku.)


Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright JADUL PASSOPATI 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Alley Kurnia | Published by Kurnia FM and Theme4all